INFORMASI KURIKULUM MAN MODEL GORONTALO

Jejaring Sosial MAN Model

Premium WordPress Themes

Search

Minggu, 13 November 2011

SISTIM PENILAIAN



Pengembangan sistem penilaian MAN ModelGorontalo didasarkan pada visi dan misi, serta profil kompetensi lulusan MAN ModelGorontalo.  Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan relevansi sistem pembelajaran dan penilaian dengan keadaan dan kebutuhan MAN ModelGorontalo.

PROFIL KOMPETENSI LULUSAN MAN MODELGORONTALO
Aspek Afektif
Ü  Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Ü  Memiliki nilai-nilai etika dan estetika.
Ü  Memiliki nilai-nilai demokrasi, toleransi, dan nilai-nilai kemanusiaan.
Aspek Kognitif
Ü  Menguasai ilmu, teknologi, dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Aspek Psikomotor
Ü  Memiliki keterampilan berkomunikasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab), kecakapan hidup, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan sosial, budaya dan lingkungan alam, baik lokal, regional, maupun global.
Ü  Memiliki kesehatan jasmani - rohani dan kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship) yang bermanfaat untuk melaksanakan tugas/ kegiatan sehari-hari, terutama untuk membantu tugas/aktivitas belajar.
Ü  Telah mengikuti program life skill

PENGERTIAN
Penilaian atau asesmen adalah istilah umum yang mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai unjuk kerja individu peserta didik atau kelompok. Proses penilaian mencakup pengumpulan bukti untuk menunjukkan pencapaian belajar peserta didik.
Penilaian berhubungan dengan setiap bagian dari proses pendidikan, bukan hanya keberhasilan belajar saja, tetapi mencakup semua proses mengajar dan belajar. Kegiatan penilaian oleh karenanya tidak terbatas pada karakteristik peserta didik saja, tetapi juga mencakup karakteristik metode mengajar, kurikulum, fasititas dan administrasi sekolah. Instrumen penilaian bisa berupa metode atau prosedur formal atau informal, untuk menghasilkan informasi tentang peserta didik, yaitu: tes tertulis, tes lisan, lembar pengamatan, pedoman wawancara, tugas rumah, dan sebagainya. Penilaian juga diartikan sebagai kegiatan kegunaan suatu objek.
Objek evaluasi adalah program yang hasilnya memiliki banyak dimensi, seperti kemampuan, kreativitas, sikap, minat, keterampilan, dan sebagainya. Oleh kareha itu, dalam kegiatan evaluasi alat ukur yang digunakan juga bervariasi tergantung pada jenis data yang ingin diperoleh.

0 komentar:

Posting Komentar